Jumat, 23 Maret 2012

Solo di Kala Senja


Dengan berbekal sepeda butut, saya menyusuri padatnya jalanan kota solo dikala sang surya tenggelam. Yah, dari kos an saya di jebres, saya mengayuh sepeda melewati jalan urip sumoharjo ke arah selatan. Sampailah saya di Keraton Surakarta. 

Sore itu jalanan di supit urang (jalan di kompleks keraton) rame banget. Dengan semangat 45, saya terus menyusuri supit urang, melewati kampung tamtaman. 
keraton Solo

Perjalanan saya lanjutkan hingga sampailah saya hingga alun-alun kidul, dan gapura gading. 

Lalu saya berputar mengikuti jalan diseputar alun-alun kidul dan kembali memasuki kompleks istana.

gapura gladag dari arah selatan


Ufuk sudah diujung senja dan perlanan saya tetap berlanjut. Terus menyusuri supit urang disebelah barat, dijalan Pakubuwana sampailah saya di pasar klewer. Pasar yang diklaim sebagai pasar textil terbesar ini berdiri kokoh disebelah barat pagelaran keraton. Tampak riuh rendah dan canda tawa para pedagang yang mulai mengemasi barang daganganya.
Masih di kompleks keraton, saya melanjutkan bersepeda menuju ke Masjid Agung Keraton Surakarta Hadiningrat, sore itu masjid sudah mulai ramai dengan aktifitas masyarakat yang akan menunaikan ibadah solat magrib.
Tak berlama-lama disana perjalanan saya lanjutkan, melewati gapura gladag di pintu masuk keraton. Terus ke utara hingga Balaikota Surakarta.
Didepan balaikota, nampak pasar Gedhe Harjonagoro. Sama dengan diklewer, tak nampak aktifitas berarti masyarakat dipasar itu, yang ada hanyalah becak yang berjejer menunggu penumpang yang akan menggunakan jasanya.

Dan perjalanan disore itu saya akhiri :)
Salah satu sudut keraton Surakarta

Garuda

salah satu sudut keraton Solo




Keraton Surakarta Hadiningrat

Masjid Ageng

Solo di Sore Hari

Bundaran Gladag

sisi barat gapura gladag
Gapura gladag sisi barat

bundaran gladag

bundaran gladag

Balaikota Surakarta


sudut kota solo

pasar gede

pasar gede

2 komentar:

  1. Jadi pengen ke Solo deh,,, kayahnya Solo di Kala senja benar - benar mempesona.

    BalasHapus
  2. hahaha siang sore malam sama2 mempesona

    BalasHapus